RSS
Facebook
Twitter

Jumat, 15 Februari 2013



Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa pernikahan bisa memperbaiki status kesehatan seseorang, mulai dari jaminan umur panjang lebih terhindar dari berbagai risiko penyakit. Lalu bagaimana dengan nasib para jomblo alias lajang?

Penting untuk dicatat, pernikahan dengan peningkatan status kesehatan biasanya tidak berhubungan secara langsung. Biasanya, keberadaan partner atau pasangan itulah yang membuat orang yang menikah lebih peduli pada kesehatan karena bisa saling mengingatkan.

Bisa juga ditarik hubungan yang lebih dekat, yakni dengan tingkat kebahagiaan pada pasangan menikah. Adanya partner untuk saling berbagai bisa mengurangi stres, sementara stres itu sendiri merupakan fakto risiko berbagai penyakit mematikan termasuk stroke dan sakit jantung.

Lalu apakah para jomblo tidak bisa menjadi lebih sehat? Dibandingkan pasangan yang pernikahannya baik-baik saja, mungkin benar. Jomblo kalah sehat lahir batin. Tetapi perlu diingat pula bahwa dalam kenyataannya tidak semua pernikahan itu membahagiakan.

"Pernikahan yang buruk kadang justru membuat orang merasa lebih terisolasi daripada saat masih lajang," kata Eric Klinenberg, seorang penulis buku tentang hidup lajang seperti dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (15/2/2013).

Pernikahan yang tidak membahagiakan, yang isinya hanya cekcok dan uring-uringan kadang-kadang membuat orang berpikir bahwa menjadi lajang mungkin jauh lebih sehat. Kalau pada akhirnya juga bikin stres, maka pernikahan tidak lagi menyehatkan.

Bukti lain bahwa kadang-kadang menjadi jomblo alias lajang malah lebih sehat adalah sebuah penelitian tahun 2011. Dalam penelitian yang melibatkan 10.000 orang dewasa ini, orang dewasa yang pernikahannya romatis pun cenderung mengalami peningkatan berat badan lebih banyak dibandingkan para lajang.

Jadi jangan khawatir, status lajang atau menikah tidak selalu mempengaruhi kesehatan. Daripada memaksakan diri punya pasangan semata-mata hanya untuk menghindari sakit, tentu lebih baik melakukan hal lain yang jelas manfaatnya yakni olahraga dan menjaga pola makan yang sehat

1 komentar:

  1. How to Bet On a Sports Bet - FEBCasino
    Learn how to bet on sports online. 제왕 카지노 This guide will explain how to 카지노사이트 play with a different betting option, odds & 바카라 more.

    BalasHapus