RSS
Facebook
Twitter

Selasa, 05 Februari 2013

Fakta dan Info mengenai Pulau Sulawesi


FAKTA TENTANG SULAWESI
Luas Pulau: 174.600 kilometer persegi, merupakan pulau terbesar dunia ke-11 (67, 413 mil persegi, 17,4 juta hektar, atau 43 juta hektar)
Populasi Penduduk: 16 juta (2005)
Negara: Indonesia
Keanekaragaman Hayati: 1450 burung, 127 mamalia
Persentase HutanSekitar 20%
Penyusutan Hutan Rata-rata: 2,35 persen per tahun antara 1985-1997)
Penyebab Penyusutan Hutan: Pertanian, penebangan, dan pertambangan
TINJAUAN: SULAWESI
Berbentuk seperti huruf ‘k’ kecil , pulau Sulawesi Indonesia adalah pulau terbesar di dunia kesebelas. Sebuah harta-karun keanekaragaman hayati dengan sejumlah mengejutkan dari spesies endemik (spesies yang tidak di temukan lagi di dunia), Sulawesi-sebelumnya dikenal sebagai Celebes-baru belakangan ini menjadi target konservasionis. Sementara banyak pulau masih tak berpenghuni, bayak di lakukan observasi oleh peneliti, sehingga banyak habitat hutan telah hilang.
Hutan tropis yang pernah menutupi seluruh pulau telah luas gundul oleh pertanian, penebangan, dan pertambangan. Proses ini dipercepat di abad 20-an ketika pemerintah mulai mendukung penebangan komersial dan proyek-proyek pertanian besar. Warga juga mulai Mengubah hutan menjadi lahan Pertanian.
Sebuah studi di 2007 menemukan bahwa 80 persen hutan Sulawesi hilang atau rusak, termasuk hampir keseluruhan hutan hujan dataran rendah Sulawesi yang kaya dan Hutan bakau. Penelitian ini lebih lanjut berspekulasi bahwa Penyusutan hutan lebih kecil di masa depan,hal itu mungkin karena sebagian besar lahan hutan yang berguna untuk budidaya dan penebangan sudah hilang. Dengan beberapa pohon komersial yang menarik, hutan dataran tinggi Sulawesi bernasib lebih baik, meskipun banyak menderita degradasi.
GEOGRAFIS SULAWESI
Luas  174.600 kilometer persegi, Sulawesi adalah pulau kesebelas terbesar di dunia setelah Pulau Ellesmere di Kanada. Hal ini terkenal digambarkan sebagai sebuah pulau besar dengan interior menarik, mengingat bahwa pulau hampir seluruhnya terdiri dari empat semenanjung interkoneksi atau penghubung pulau.
Besar dan panjang  garis pantai 6.000 kilometer berliku. Pulau ini dikelilingi oleh pulau-pulau besar lainnya: Borneo atau Kalimantan di sebelah barat, Filipina di utara, pulau-pulau Maluku di sebelah timur, dan Flores dan Timor ke selatan.
Secara politis, Sulawesi dibagi menjadi enam provinsi di Indonesia: Mamuju (Sulawesi Barat), Manado (Sulawesi Utara), Palu (Sulawesi Tengah), Makassar (Sulawesi Selatan), Kendari (Sulawesi Tenggara), dan Gorontalo. Dengan 1,25 juta orang, Makassar adalah kota terbesar di pulau itu,terletak di semenanjung barat daya.
Bentuk aneh Sulawesi yaitu lima semenanjung dihubungkan dengan sedikit menahan mereka bersama-diciptakan oleh tabrakan beberapa lempeng berasal dari Asia, Australia, dan pulau-pulau Pasifik.
Pulau ini berisi tiga belas danau air tawar termasuk danau terdalam di Asia Tenggara, Danau Matano.
PEREKONOMIAN
Sulawesi sebagian besar tergantung pada tanaman dan makanan laut untuk perekonomi: pada tahun 2004 pertanian terdiri 34 persen untuk per ekonomi Sulawesi. Tanaman penting perekonomian Sulawesi meliputi kelapa, pala, kedelai, kopi, dan beras. Pulau ini salah satu produsen terbesar di dunia kakao. Selainitu  juga menghasilkan banyak cengkeh untuk rokok kretek.
Perikanan akuakultur, telah menjadi penting bagi perekonomian Sulawesi. Kolam ikan dan budidaya udang telah menggantikan banyak hutan bakau pulau itu.
Industri ekonomi lainnya termasuk kayu komersial seperti jati dan rotan dan pariwisata, yang dipandang sebagai hal yang semakin penting bagi pemerintah.
Pada tahun 2004, 16,7 persen penduduk Sulawesi dianggap hidup dalam kemiskinan. Sebagian besar penduduk miskin tinggal di daerah pedesaan. Namun pemerintah kurang memperhatikan hal ini, bahkan dalam beberapa laporan menyebutkan bahwa ada beberapa wilayang yang justru orang menengah yang mendapatkan bantuan dari pemerintah.
PROFIL KEANEKARAGAMAN HAYATI SULAWESI
Sulawesi memiliki keragaman yang luar biasa flora dan fauna terrestrial dan kehidupan laut pesisir yang kaya. Karena pulau ini duduk di Wallace’s Line itu pelabuhan spesies baik leluhur Asia dan Australasia, walaupun sebagian besar berasal dari Australasian.
Di darat, persentase spesies endemik sangat penting. Diketahui 127 mamalia, 72 adalah endemik atau spesiaes asli, hal itu menjadikan Sulawesi sebagai  endemik mamalia tertinggi di dunia (62 persen). Kelelawar tidak termasuk, karena mereka memiliki potensi yang lebih baik untuk melakukan migrasi, namun ternyata spesies di sini jauh lebih banyak. Selain itu, 34 persen dari hampir 1500 Sulawesi burung adalah hewan endemik.
Masih banyak fauna lainnya namun sedikit dipelajari. Dua puluh lima jenis amfibia telah ditemukan, kadal 40 jenis, dan setidaknya 52 ular terestrial. Selain itu, ada 38 jenis kupu-kupu yang paling besar, Salah satu peneliti yang begitu terpesona Alfred Russel Wallace pada kunjungannya ke pulau tersebut. Para peneliti juga menemukan 67 spesies ikan endemik di hutan bakau Sulawesi.
Beberapa Hewan di lindungi meliputi:
* Dua sapi liar spesies, anoa dataran rendah dan anoa Gunung. Keduanya terdaftar sebagai terancam punah oleh IUCN, sedikit yang diketahui tentang binatang-binatang tetapi mereka sangat diburu untuk makanan dan tanduk mereka.
* Babi-rusa, terdiri dari tiga jenis babi. Setiap Babi rusa Jantan memiliki empat taring, dua yang menempel melalui moncong mereka. Ketiga spesies terancam punah.
* Musang Sawit yang diklasifikasikan sebagai Vulnerable. predator ini hidup dan berburu di berbagai-macam habitat.
* Monyet hitam disebut primata paling terancam di Sulawesi. Hewan ini dibunuh untuk mengambil dagingnya  dan menangkap untuk perdagangan hewan peliharaan. Selain itu, penggundulan hutan dan pertambangan telah mengambil peran besar di habitatnya. Mereka biasa hidup berkelompok dan sekarang tersisa 100ekor. Spesies ini dianggap terancam punah.
* Maleo ini adalah burung yang terancam punah ukurannya seperti ayam. Mereka bersarang di situs tradisional, lebih dari sepertiga jumlah populasinya  telah mati akibat dampak manusia. Mereka meletakkan satu telur besar di lubang  yang dalam, namun kadang-kadang manusia berburu untuk memakanan telurnya.
Spesies baru ditemukan termasuk Togian mata putih, passerine hitam dan putih kecil zaitun, yang kemungkinan langka, sedangkan elang burung hantu  pada tahun 2004, sebuah spesies ditemukan kembali  kerdil di daerah tersier pada tahun 2000, dan spesies baru , lima belas kumbang pada tahun 2005.
keanekaragaman hayati pulau ini lebih banyak  untuk penemuan dan studi.
PROFIL KELAUTAN
Sulawesi dikelilingi oleh lautan yang kaya dengan habitat besar rumput laut  dan terumbu karang. Habitat ini adalah rumah bagi siput laut, dan penyu hijau, serta duyung dan enam dari tujuh spesies raksasa kerang dunia. Paus yang menggunakan air sebagai habitattermasuk paus sperma, paus sperma pygmy, dan paus pembunuh.
Salah satu keanekaragaman hayati laut coelacanth Sulawesi. Ini adalah spesies kedua korban prasejarah dan diklasifikasikan sebagai Rentan oleh IUCN Red List karena terancam sebagai bycatch.
HUTAN SULAWESI
Sulawesi memiliki keanekaragaman jenis hutan mengejutkan: empat belas ekosistem hutan yang berbeda telah diidentifikasi. Keragaman luas hutan adalah bagian dari alasan di sebut sebagai pulau tingginya tingkat endemik dan keanekaragaman hayati.
Hutan Mangrove: ditemukan di muara dan di sepanjang garis pantai yang besar Sulawesi. Pada suatu waktu mangrove menutupi sebagian besar garis pantai, tetapi sebagian besar telah hilang.
Hutan pegunungan: 1.000 meter di atas laut ,ini adalah  hutan yang paling utuh di Sulawesi. hutan dataran rendah terutama terdiri dari spesies ek dan berangan, sementara hutan pegunungan atas hidup berbagai tumbuhan runjung.
hutan hujan: ini jenis hutan yang unik sedikit dan dipelajari. Hutan menerima jumlah hujan terendah di seluruh Indonesia dan mampu bertahan kekeringan panjang. Namun, banyak dari tipe hutan telah hilang atas tanah penggembalaan.
Hutan Ultrabasa : suatu tipe hutan yang unik yang tumbuh pada tanah miskin hara ultrabasa dengan sedikit keragaman tumbuhan, tetapi endemik tinggi karena tanaman unik seperti tanaman pitcher-telah berevolusi untuk mengisi ceruk ini. hutan ultrabasa terdiri dari pohon bengkok pendek. Beberapa fauna tinggal di sini.
hutan Kapur: tanah dangkal dan lereng curam membuat hutan rendah  melimpah dan beragaman. Hutan ini  adalah rumah bagi beberapa spesies endemik seperti siput.
Hutan rawa gambut: Sulawesi meskipun hanya memiliki area kecil dari hutan rawa gambut mengandung keanekaragaman hayati yang tinggi, terutama burung.
Hutan rawa air tawar: seperti hutan rawa gambut, hutan air tawar hanya mencakup wilayah kecil Sulawesi. Mereka terdiri dari telapak tangan, pandans, dan tanaman pitcher.
KERUSAKAN DI HUTAN DI SULAWESI
Sekitar 80 persen dari hutan Sulawesi telah rusak. Lebih dari 50 persen dianggap dalam kondisi buruk, sedangkan 30 persen-terutama di dataran tinggi (di atas 1500 meter) diklasifikasikan dalam kondisi kurang  baik.
Lebih dari 95 persen dari hutan mangrove Sulawesi dan hutan dataran rendah yang terganggu. Dalam waktu kurang dari satu dekade-antara pertengahan 1980-an dan 1993-Sulawesi mangrove telah mengalami penurunan sebesar lebih dari 60 persen di sebagian karena budidaya untuk makanan laut seperti udang.
Lahan basah telah menderita lebih buruk lagi: 99 persen dari lahan basah pulau ini baik hilang atau rusak.
Tingkat kini kehilangan hutan lebih rendah dari Indonesia banyak, tetapi ini terutama karena sebagian besar hutan dataran rendah pulau itu sudah pergi oleh pada awal 1985.
Hilangnya hutan ini disebabkan terutama penebangan dan konversi. Awal tahun 1970-an pemerintah mulai mendukung proyek-proyek pertanian berskala besar dan luas logging. Sejak itu pendatang dari daerah perkotaan ke pedesaan telah dikonversi trek besar hutan menjadi tanaman tunai seperti kopi dan kakao.
kerusakan besar-besaran hutan bukan sebagai ancaman besar di Sulawesi sebagai pulau-pulau lainnya di Indonesia, hanya karena ada hutan yang relatif sedikit ke kiri. Namun, penggundulan hutan yang tersisa akan menjadi bencana bagi keanekaragaman hayati yang unik pulau itu,dan  banyak yang sudah terancam.
Sejak hutan pegunungan di peruntukkan untuk tujuan komersial sangat sedikit, mereka relatif aman dari penebang, tapi berburu, kebakaran, dan erosi karena daerah dibersihkan tetap ancaman besar.
Pencemaran dan perusakan habitat dari pertambangan merupakan ancaman bagi kesehatan keanekaragaman hayati dan ekosistem. Pertambangan bahkan dilaporkan terjadi si daerah  batas-batas kawasan lindung.
perburuan daging dan perburuan liar merupakan masalah besar untuk sejumlah spesies terancam punah, termasuk anoa, babi rusa, kera jambul hitam, dan maleo karena telurnya  untuk perusahaan.
Sulawesi Selatan, bagian utara dan tengah, dilayani oleh beberapa taman dan kawasan lindung, hal itu agar spesies dan hutan di sana yang sangat rentan dapat bertahan.
KAWASAN DI LINDUNGI
Sulawesi memiliki enam taman nasional dan 19 cagar alam.
Sulawesi Tengah berisi taman paling terkenal di pulau ini, Taman Nasional Lore Lindu yang mencakup 229.000 hektar. Ini adalah Cagar Biosfer UNESCO.
Di semenanjung utara, Bogani Nani Wartabone Taman Nasional melindungi 300.000 hektar persegi, sedangkan Rawa Aopa Watmohai melindungi Taman Nasional 105.194 hektar di Sulawesi Tenggara.
Sebagian besar taman, bagaimanapun, sering menderita perambahan untuk pertambangan penebangan liar,, dan bahkan konversi ke tanaman. Ribuan penambang emas liar telah ditemukan plying perdagangan mereka di Bogani Nani Wartabone Taman Nasional.
Sulawesi juga memiliki tiga taman laut nasional: Bunaken, Wakatobi, dan Take Bonerate.
Taman Nasional Bunaken meliputi pulau, mangrove, lamun, dan terumbu karang. Taman Nasional Taka Bonerate melindungi atol Taka Bonerate (dan sekitarnya terumbu karang), atol terbesar ketiga di dunia dan terbesar di Asia Tenggara. Last but not least, Wakatobi Taman Nasional terdiri dari rantai pulau dan 25 terumbu karang.

0 comments:

Posting Komentar