RSS
Facebook
Twitter

Kamis, 14 Februari 2013

Kenapa ulat bulu bisa bikin gatal ??


Kulit_Merinding_-_Radio_Bali
Saat ini sedang terjadi wabah mengerikan yang entah dimulai dari apa dan karena apa: ULAT BULU. Ulat yang dikenal menyebabkan gatal-gatal ini mendadak muncul jutaan ekor dari segala penjuru di daerah Jawa Timur.
Ulat bulu adalah sejenis ulat kepompong dari keluarga serangga Lepidoptera sebelum menjadi kupu-kupu atau ngengat. Jenisnya bermacam-macam dan tidak semuanya menyebabkan alergi gatal pada kulit. Namun, jika menyebabkan gatal akan sangat parah sehingga bisa menyebabkan kulit kemerahan, gatal-gatal aku dan bahkan dermatitis.
Racun gatal ulat bulu adalah salah satu racun yang berbahaya yang disebabkan oleh ulat. Racun ini terjadi karena sistem bela diri ulat terhadap 'musuh'. Secara otomatis, tubuh ulat bulu sudah memiliki kelenjar beracun di sepanjang tubuhnya. Bulu-bulunya yang halus mengandung racun mudah menyusup ke kulit manusia, patah dan menyebabkan iritasi kulit.
Ulat bulu banyak ditemukan hidup di daerah-daerah tropis dan panas. Di Texas, Amerika Serikat, populasi ulat bulu kadang bertambah di bulan-bulan tertentu seperti wabah. Namun tidak semua ulat bulu beracun. Ada yang tidak beracun seperti yang sedang mewabah di Jawa Timur sekarang karena bisa dipegang tanpa menimbulkan rasa gatal sama sekali.
Ada cara menghilangkan iritasinya secara tradisional jika terkena:
Parut kunyit, ambil air parutannya. Campurkan dengan kapur sirih dan sedikit air, panaskan dan angkat setelah 5 menit. Diamkan hingga dingin. Oleskan racikan tadi pada area yang gatal hingga merata dan diamkan selama 10 menit sampai rasa gatal hilang. Tips: Sebaiknya dicoba di area gatal yang tidak sensitif terlebih dahulu seperti lengan atau kaki.

0 comments:

Poskan Komentar