RSS
Facebook
Twitter

Kamis, 28 Agustus 2014

Dalam beberapa postingan, saya akan berbagi info dan pengalaman mengenai proses Pendaftaran sampai Tes akhir USM STAN. Khusus pada bagian ini, saya akan nge-share bagian awal dari USM STAN yaitu pendaftaran dan verifikai berkas.

1. Pendaftaran Online,
Tahap pertama yang dilakukan saat ingin mendaftar USM STAN adalah mendaftar secara online disitus resmi USM STAN yaitu www.usm.stan.ac.id, kemudian mengisi formulir yang ditersedia, isilah dengan benar dan jujur, kemudian dalam formulir itu jugan akan tersedia pilihan spesialisasi/jurusan di STAN, saran saya, dahulukanlah dulu semua pilihan Diploma 3 (D3) baru D1, tapi jika kalian memang ingin sekali masuk pada bidang tertentu misalnya Bea Cukai, maka pada pilihan pertama, pilih D3 Bea Cukai, kemudian pilahan kedua barulah D1 Bea Cukai. Akuntansi dan Pajak adalah pilihan spesialisasi paling favorit yang saya ketahui. Pada saat saya lalu mendaftar, belum punya KTP dan SIM, tetapi bisa kok memakai SKL berfoto, ijazah, passport, ataupun SKCK.

2. Mencetak Kartu BPO
Setelah mengisi dan mengunci data kalian, maka akan ada link untuk mendownload Bukti Pendaftaran Online (BPO), cetaklah BPO ini sebanyak 3 lembar (sebenarnya yang akan digunakan hanya 1, tetapi untuk jaga2 :D ) karena akan digunakan pada saat verifikasi data. Simpanlah baik2 BPO ini, agar aman dan rapi simpanlah semua berkas USM STAN anda di satu map. Jika hilang, masih bisa di download di situs resmi USM STAN.

3.Pembayaran Administrasi pendaftaran
 Anda akan diminta mentransfer uang sebnayak Rp. 150.000 ke rekening panitia USM STAN. Nomor rekening tujuan antara 1 pendaftar dengan pendaftar lain berbeda, tertera pada BPO kalian. Simpanlah Bukti pembayaran anda tadi, karena juga akan diminta pada saat verifikasi berkas.

4. Verifikasi Berkas
Beberapa hari setelah batas akhir pembayaran USM STAN, maka akan ada pengumuman dari panitia mengenai waktu dan tempat kalian Verifikasi berkas. Pada saat jadwal kalian untuk verifikasi berkas, bangunlah pagi-pagi, mandi, sarapan secukupnya, soalnya proses ini agak lama, pakailah pakaian rapi dan usahakan datang lebih awal agar mendapat nomor antrian yang lebih cepat, soalnya saya lalu karena lambat, proses itu selesai pukul 8 malam.saat proses ini, awalnya kalian akan berhadapan dengan panitia yang akan memeriksa BPO kalian untuk memastikan bahwa jadwal verifikasi kalian benar pada hari itu. setelah itu, kalian menuju pemeriksa berkas, berkas2 kalian seperti Ijazah/SKHUN, kartu identitas berfoto, BPO, Pas Foto, dan bukti pembayaran kalian akan diperiksa kelengkapannya. jika sudah lengkap, maka akan dicetak BPU (Bukti Peserta Ujian), setelah itu kalain menuju menuju pada sebuah meja untuk menempel pas foto kalian pada BPU. Setelah itu, barulah menuju penyelia, pada bagian inilah berkas kalian akan diperiksa secara lebih detail, seperti nilai rata-rata ujian yang minimal 7, identitas yang sesuai (wajah kalian akan diperhatikan apakan mirip dengan pas foto yang ada pada kartu identitas tsb. setelah prosesnya selesai, kalian akan diberikan kembali BPU beserta lokasi kalian akan melsaksanakan ujian.

Semoga bermanfaat, jika kurang jelas tinggalkan komentar atau contact !


1 komentar:

  1. Kaa.. Mau tanya, tahun lahir aku yg ada di NIK sm di rapot beda. Soalnya waktu bikin kk yg bru, orang yg bkin kk nya salah ketik. Gmn?

    BalasHapus