RSS
Facebook
Twitter

Rabu, 30 Januari 2013

Fakta Unik dan Menarik tentang Kota Palu

 

Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik tentang Palu :

1. Panas
Palu merupakan kota pesisir, dengan kontur tanah bergelombang. Berjarak 3 jam dariequator, sehingga panasnya khas panas daerah garis khatulistiwa. Vegetasi di Palu cenderung kering, agak mirip di daerah Nusa Tenggara. Jika di Jakarta panas 35 derajat celcius sudah merasa panas, maka suhu itu adalah suhu normal di Palu. Suhu udara Palu bahkan pernah tercatat sampai 41 derajat celcius.
2. Taksi dan Argo
Jangan keliru, Taxi di Palu = Angkot di Jakarta. Betul, sebutan untuk Angkot di Palu adalah Taksi, sedangkan sebutan untuk Taksi adalah Argo. Argo mengacu pada argometer taksi.
3. Rute Angkot
Di Palu, angkot tidak memiliki rute. Jadi jika kita memberhentikan angkot, kita akan ditanya tujuan kita. Jika kebetulan sama dengan rute sopir angkot dan penumpang lain, maka kita bisa naik. Jika  tidak, siap-siap untuk ditolak.
4. Taksi
Taksi di Palu benar-benar memanjakan penumpang. Murah   seperti di Jakarta dan tidak ada argo kuda. Selain itu mobilnya bagus, lebih bagus dari taksi regular di ibukota.
5. Seng
Mayoritas rumah di Palu beratap seng dan berplafon rendah. Mungkin akan bertanya-tanya kenapa justru menggunakan seng di daerah yang panas, karena justru tidak menyerap panas. Alasannnya adalah ekstrimnya panas di Palu. Jika menggunakan atap genteng atau asbes, bisa dipastikan tidak akan berumur lama karena akan pecah. Jadi masyarakat menggunakan seng sebagai atap karena unsur keawetannya.
6. Ikan Manis
Jangan diartikan secara harfiah, tapi olahan ikan laut di memang beda. Apabila rata-rata olahan ikan laut di daerah lain itu asin, maka di Palu rasa olahan ikan laut itu manis. Hal ini karena segarnya ikan yang mudah didapatkan di laut, sehingga rasa dagingnya masih terasa manis.
7. Jeruk Nipis
Entah apakah suka dengan jerudk nipis atau bagaimana. Namun setiap kali kita makan di restoran, maka kita akan diberi jeruk nipis. Apapun itu makanannya.
8. Taman Nasional
Mungkin Palu satu-satunya kota yang memiliki Taman Nasional di tengah kota. Ya, taman kota di Palu bernama Nasional. Sehingga taman kota di Palu bernama Taman Nasional.
9. Kota singgah
Biasanya wisatawan datang ke Palu hanya untuk singgah sebentar untuk kemudian menuju daerah lain. Karena Palu dikelilingi Taman Nasional yang benar - benar taman nasional dan Palu adalah satu-satunya pintu masuk untuk menuju Taman Nasional.

1 komentar:

  1. Thanks for info, semoga semuanya selalu ada dalam lindungan Tuhan http://bit.ly/2vplrBi

    BalasHapus